"Free Software, Visit And Download Every Day For You And Request "

Minggu, 10 Februari 2013

0 7 Kesalahan yang Harus Dihindari ketika Membeli komputer

Date: Minggu, 10 Februari 2013 22.10
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Mau beli komputer baru? Atau malah ini pertama kalinya kamu berencana beli komputer? Tentunya banyak pilihan yang diberikan dan keputusan yang harus dibuat.


Setelah beberapa kali beli atau ngerakit komputer, ane akuin, ada beberapa penyesalan ketika memilih komponen yang dibeli. Bahkan jika kamu sudah melakukan berbagai riset, membaca forum sana-sini atau tanya-tanya ke temen, tetep aja bakalan ada kesalahan yang kamu buat. Hehehe..itu indahnya hidup ya sob.. :p

Nah, daripada ane nambahin bingung dengan ngasih tau apa-apa aja yang musti dilakuin, kali ini ane berikan tips lain, yaitu apa aja yang harus dihindari ketika membeli/ merakit komputer

Processor
Processor, yang juga disebut dengan CPU adalah ‘otak’ dari sistem komputer kamu. Komponen ini menangani semua perhitungan dan operasional yang memungkinkan sebuah software melakukan tugasnya.
Pada dasarnya, semakin tinggi speed CPU (MHz/ GHz), akan menghasilkan sebuah sistem yang bekerja lebih cepat. Namun pada teknologi sekarang, hal itu tidak hanya bergantung pada angka saja.
Contohnya : CPU AMD dan CPU Intel Core memiliki spesifikasi yang sama, yaitu 2.5 GHz dengan 4 core. Namun bisa jadi keduanya memberikan hasil yang berbeda.  Kenapa? Hal ini dikarenakan teknologi berbeda yang digunakannya. Dalam hal ini, CPU Intel Core memiliki teknologi yang lebih baik sehingga performanya lebih baik.

Kesimpulan : Jangan hanya melihat angka pada sebuah CPU, pelajari teknologi yang digunakan untuk mengetahui perbedannya untuk mengetahui CPU mana yang memiliki performa lebih baik.

Panduan Memilih RAM
Sama seperti CPU, kebanyakan orang memilih membeli RAM dengan melihat angka saja. Misalnya sebuah RAM 8GB, artinya 8GB. Itu saja. Ternyata..bukan itu aja yang perlu kamu perhatikan, sob..
Emang sih, RAM yang gede artinya komputer kamu bakal jadi lebih kenceng. Tapi kamu juga perlu tau, bahwa RAM juga memiliki kecepatan internal. Misalnya, RAM 8GB 1333 MHz bakal lebih kenceng dibandingkan RAM 8GB 1000MHz.

Kesimpulan : RAM adalah salah satu komponen termurah, tapi dapat sangat mempengaruhi kecepatan komputer kamu. Jangan hanya melihat ukuran, tapi perhatikan juga kecepatannya. Beli RAM terbaik, yang tentunya juga sesuai dengan budget kamu.


Panduan Membeli Hard Disk
Nah…ini juga sama aja, sob…orang ngeliat hard disk dari ukurannya aja. Apalagi sekarang ini setelah hard disk yang ukuran terra mulai marak. Sebagian besar orang berpikir hard disk 2TB lebih bagus daripada hard disk 500GB. Padahal sih, belum tentu juga..

Hard disk bukan cuma punya spesifikasi ukuran, tapi juga kecepatan. Mirip-mirip sama RAM deh. Hard disk dengan kecepatan 5400 RPM tentunya bakal lebih lambat dibandingkan dengan yg kecepatannya 7200 atau 11000 RPM, yang artinya akses data bakal jadi lebih lama.

Hard disk dikenal sebagai bottleneck pada sebuah komputer. Makanya, sangat penting buat kamu memilih dan membeli hard disk yang paling cepat, karena ini merupakan salah satu komponen penting. Tidak peduli seberapa cepat sistem kamu, kalo hard disk kamu lambat ya percuma juga..
Contohnya..buat apa beli hard disk 1TB dengan kualitas nanggung..1-2 tahun rusak, sedangkan kamu bisa beli hard disk 500GB dengan kualitas yang jauh lebih bagus dan bisa bertahan sampai 5 tahun?

Kesimpulan : ukuran emang penting, begitu juga dengan kecepatan dan umur pakai. Jika kamu ingin komputer yang kenceng, pilih hard disk yang cepet ketimbang yg kapasitas gede tapi lamban.

Panduan Membeli Monitor
Lagi-lagi..bagi orang kebanyakan, pemilihan monitor berhubungan dengan ukuran. Monitor memiliki banyak spesifikasi, mulai dari ukuran layar, jenis layar, contrast ratio, update frequency, warna dan daya lsitrik yang digunakan. Masalahnya, spek monitor yang terlalu banyak dan ribet ini ujung2nya emang malah bikin ribet.



Kecuali kamu emang doyan dan ngerti banget hal yang berhubungan sama video, mulai dari warna, kontras, kualitas gambar dll dll, kamu ga bakal terlalu rasain perbedaannya. Tapi..kamu udah pasti bakal nyesel kalau beli monitor yang ngga support port tertentu, yang gampang rusak, atau gambarnya mantul.

Kesimpulan : pertimbangkan ukuran yang kamu inginkan. selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan kegunaannya. Pastikan monitor memiliki port yang kamu perlukan. VGA? HDMI? Atau yang lainnya? Baca-baca juga review tentang monitor yang lagi kamu pengenin…cari tau umur pakainya.

Lagi ada Sale? Jangan langsung ngiler!


Kadang harga yang dipajang waktu SALE berbeda dengan harga sebenernya. Ini sih udah sering kejadian ya..harganya dinaekkin dulu..baru deh tuh harga dicoret dan diturunkan hingga 50%!! Woow..
Cek dulu harga barang itu sekarang. Siapa tau emang harganya udah turun.

Kesimpulan : Barang murah emang OK, tapi kamu perlu riset2 dikit juga..cari tau harga asli sebenernya..dan tentunya performa barang tersebut.

Tawaran Garansi Panjang? Ga selalu penting
Komponen komputer dan barang elektronik seringkali ada penawaran nih, untuk memperpanjang masa garansi, dimana kamu perlu bayar sejumlah uang yang kadang ga murah. Emang sih, bagus juga punya garansi yang lebih panjang, tapi perhatikan juga barang yang kamu beli.
Lagipula, sebagian besar komponen komputer itu bener2 rusak setelah dipakai dalam jangka waktu yang lama loh, sob.. itung2 juga pengeluaran yang harus kamu keluarkan untuk nambah garansi tsb. Sesuaikah?

Kesimpulan : hal yang perlu kamu perhatikan ketika ditawarin perpanjangan garansi adalah harga item tsb, perkiraan umur pakai barang, durasi garansi dan harga garansi.


Sekian tips singkat yang ternyata cukup panjang buat kamu yang lagi mau beli komputer baru..

Semoga membantuu



Langkah Download ADF LY => SKIP_AD dan ADFOC US => SKIP Sebelah Kanan Atas... Or Step Download ADF LY => SKIP_AD and ADFOC U.S. => SKIP to the Right Upper..

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Komputer

Septian Selyn Sobat sedang membaca artikel tentang 7 Kesalahan yang Harus Dihindari ketika Membeli komputer. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::


Artikel Terkait :